Sebelum bermain Game PES, Pahami arti dari Kemampuan Masing-Masing Pemain

Pro Evolution Soccer (PES) merupakan game sepakbola yang sangat digemari saat ini, namun kebanyakan para pemain tidak memperhatikan beberapa penjelasan penting dalam game tersebut yang sebenarnya dapat membantu dalam menyusun strategi permainan. Dalam postingan kali ini, akan dibahas terkait  penjelasan pada detail kemampuan para pemain yang tentunya dapat menjadi rujukan kita dalam menentukan pemain yang tepat untuk berada pada formasi dan taktik permainan yang kita gunakan dalam bermain. 

Ketika bermain game PES ini, sering sekali kita hanya terpaku melihat nilai OVR (Overal rating) dari setiap pemain, namun tidak menjadi jaminan bahwa nilai OVR seorang pemain yang lebih besar menandakan pemain tersebut lebih baik dari pemain lainnya. Terkadang pemain yang memiliki nilai OVR lebih kecil lebih bagus ketika ditempatkan pada posisi yang tepat, karena OVR ini hanya merupakan hasil dari perhitungan setiap ability yang dimiliki pemain dengan algoritma tertentu. Nilai OVR ini akan berubah secara otomatis ketika pemain tersebut ditempatkan pada posisi yang lain dalam sebuah formasi.

Selain OVR, penting juga untuk mencermati skil yang dimiliki setiap pemain khususnya terkait dengan skil tambahan yang dimiliki setiap pemain, diantaranya Player Skill, Playing Styles dan Com Playing Styles.

 

Player Skill merupakan skil tambahan yang dimiliki setiap pemain dalam menunjang skil utamanya. Beberapa jenis Player Skill diantaranya :

  1. Scissors Feint, pemain ini dapat melakukan feint scissors ketika sedang berlari maupun dalam kecepatan yang tinggi
  2. Flip Flap, pemain ini dapat melakukan feint flip flap
  3. Marseille Turn, pemain ini dapat melakukan marseile turn
  4. Sombrero, pemain ini dapat melakukan boomerang trap dan crescent Turn
  5. Cut Behind & Turn, pemain ini dapat melakukan trik cut behind & turn
  6. Scotch Move, pemain ini dapat melakukan trik scotch
  7. Heading, pemain ini memiliki akurasi sundulan, sundulannya lebih sering mengarah ke tanah
  8. Long Range Drive, pemain ini dapat melakukan tendangan jarak jauh dengan akurasi yang tinggi
  9. Knuckle Shot, pemain ini dapat melakukan tendangan knuckle dengan mudah
  10. Acrobatic Finishing, pemain ini dapat menendang dan mencetak gol meskipun dalam posisi yang terjepit atau tidak bebas, selain itu juga dapat melakukan tendangan akrobatik
  11. Heel Trick, pemain ini dapat melakukan umpan dan tendangan dengan menggunakan tumit meskipun dalam kondisi terjepit
  12. First-time Shot, pemain ini memiliki kemampuan dan akurasi ketika dia menendang voli atau langsung
  13. One-touch Pass, pemain ini memiliki teknik dan akurasi ketika melakukan umpan satu sentuhan (menerima bola langsung di umpan tanpa menahan bola terlebih dulu)
  14. Weighted Pass, pemain ini dapat menambah spin atau putaran pada bola lambung, dan meningkatkan akurasi umpan terobosannya
  15. Pinpoint Crossing, pemain ini dapat melakukan crossing atau umpan silang dengan lengkungan, efeknya bola lebih sulit dihalau oleh bek dengan akurasi yang baik
  16. Outside Curler, pemain ini dapat menendang dan mengumpan dengan menggunakan kaki luar
  17. Rabona, pemain ini dapat melakukan rabona, baik itu mengumpan atau menendang
  18. Low Lofted Pass, pemain ini dapat menghasilkan bola lambung jauh yang akurat namun ketinggiannya rendah. 
  19. Low Punt Trajectory, pemain ini dapat menendang bola lambung dengan lebih akurat
  20. Long Throw, pemain ini dapat melempar jauh ketika mengambil bola out
  21. GK Long Throw, pemain ini dapat melempar jauh, khusus kiper
  22. Malicia, pemain ini memiliki kemampuan 'diving' pemain, pemain yang punya skill Malicia akan lebih berpeluang dapat tendangan bebas ketika ditekel oleh pemain lawan
  23. Man Marking, pemain ini mampu menempel ketat dan mengejar pemain lawan
  24. Track Back, pemain ini adalah tipe menyerang yang aktif membantu dan menekang pemain lawan yang memegang bola dan mencoba merebutnya. Meskipun bola masih ada di area lapangan lawan
  25. Acrobatic Clear, pemain ini dapat menghalau bola meskipun dia sedang dalam posisi yang kurang bagus
  26. Captaincy, pemain ini memiliki mental yang kuta, ketika tim dalam posisi kalah. Dan dia bisa mengoordinasikan temannya agar mental temannya tidak jatuh, hal ini membuatnya cocok dijadikan kapten.
  27. Super-sub, pemain ini akan lebih maksimal ketika dimainkan sebagai pemain cadangan
  28. Fighting Spirit, pemain ini akan bermain lebih bagus meskipun dalam kondisi staminanya hampir habis.

 Playing Style adalah bagaimana cara seorang pemain ketika ditempatkan pada posisi aslinya.

  1. Goal Poacher (CF, SS), Pemain ini merupakan penyerang yang bertipe predator yang suka menekan dan beradu badan dengan bek lawan.
  2. Dummy Runner (CF, SS, AMF), Pemain ini suka memancing bek lawan untuk mengejarnya agar dapat menciptakan ruang kosong di area pertahanan lawan.
  3. Fox in the Box (CF), Pemain ini akan tetap bertahan di area kotak penalty lawan untuk menunggu bola datang. Penyerang tipe ini akan sangat jarang atau hampir tidak pernah membantu pertahanan.
  4. Target Man (CF), Pemain ini akan selalu menjadi fokus dalam penyerangan dimana bola yang kedepan area permainan lawan akan selalu diarahkan buat dia untuk diteruskan menjadi gol.
  5. Creative Playmaker (LWF, RWF, SS), Pemain ini adalah pemain depan yang sangat suka turun agak ke lapangan tengah untuk mengambil bola dan mengendalikan permainan.
  6. Prolific Winger (LWF, RWF), Pemain ini adalah pemain sayap yang bertipe penyerang karena suka menusuk dari sisi luar ke sisi dalam pertahanan lawan untuk mencetak gol
  7. Classic No.10 (AMF, CMF), Pemain ini merupakan tipe playmaker yang jarang bergerak apalagi melakukan gerakan dribel ekplosif. Pemain ini suka menggunakan sentuhan satu dua dan umpannya yang akurat untuk mengendalikan permainan. 
  8. Hole Player (AMF, LMF, RWF, CMF), Pemain ini suka mencari ruang kosong di sisi pertahanan lawan dan masuk ke area pertahanan untuk dimanfaatkannya.
  9. Box to Box (AMF, LMF, RMF, CMF), Pemain ini suka secara rutin bolak balik naik turu untuk membantu serangan dan pertahanan.
  10. The Destroyer (DMF, CMF), Pemain ini memiliki tenaga yang besar dan aktif mengejar dan berusaha merebut bola ketika mulai masuk ke area pertahanan
  11. Anchor Man (DMF), Pemain tengah yang suka berada di depan bek untuk menjaga garis pertahanan sebelum masuk ke area bek
  12. Build Up (DMF, LB, RB, CB), Pemain bertahan yang suka turun ke belakang untuk menjemput bola dan menginisiasi serangan dari belakang. 
  13. Extra Frontman (CB), Pemain ini merupakan bek yang suka naik ke area tengah dan membantu penyerangan. Hal ini cukup baik dalam mendukung penyerangan namun terkadang suka meninggalkan lubang di area pertahanan
  14. Offensive Full Back (LB, RB), Pemain ini merupakan tipe bek yang agresif  dan suka naik sampai sepertiga lapangan untuk membantu menyerang
  15. Defensive Full Back (LB, RB), Pemain ini akan memilih tetap untuk berada di belakang dan fokus pada pertahanan, dan tidak akan maju membantu serangan.
  16. Offensive Goalkeeper (GK), Pemain ini adalah kiper yang suka maju untuk membantu serangan
  17. Defensive Goalkeeper (GK), Pemain ini adalah kiper yang selalu disiplin untuk tetap berada di garis gawang.

COM Playing Styles, merupakan gerakan atau inisiatif yang biasa dilakukan oleh pemain ketika berada dalam kendali komputer.

  1. Trikstear, Pemain ini sering mencoba melewati bek lawan dengan menggunakan trik dan kemampuan individunya
  2. Mazing Run, Pemain ini suka menusuk ke dalam pertahanan lawan dengan dribel yang dilakukan
  3. Speeding Bullet, Pemain ini memiliki kecepatan yang tinggi dan suka maju menyerang
  4. Incisive Run, Pemain ini suka mendribel bola dan jago menusuk masuk dari sisi luar ke area pertahanan lawan
  5. Long Ball Expert, Pemain ini suka bermain bola lambung atau bola jauh
  6. Early Cross, Pemaini ini memiliki visi yang bagus dan tidak mau kehilangan kesempatan melepaskan early cross
  7. Long Ranger, Pemain ini suka mengambil tendangan spekulasi jarak jauh

Posting Komentar

0 Komentar