Tidak Bisa Login Verval PD ? Ini Penyebabnya !

Pemutakhiran data EMIS madrasah pada aplikasi EMIS 4.0 tidak terlepas dari proses verifikasi dan validasi data siswa melalui aplikasi Verval PD Kemdikbud. Hal ini dikarenakan perubahan identitas siswa yang tidak bisa dilakukan melalui menu EMIS harus dilakukan melalui verval PD yang nantinya setelah tahapan sinkronisasi akan merubah otomatis data di EMIS. Namun terkadang operator ketika akan mengakses aplikasi verval PD mengalami kendala tidak bisa login. 

Gagal login pada aplikasi verval PD dapat diakibatkan beberapa hal diantaranya :

  1. Belum memiliki akun SDM Kemdikbud
  2. User dan Pasword yang diinputkan pada halaman login tidak sesuai dengan yang terdata dalam database Kemdikbud.
  3. URL laman website verval PD keliru.
Untuk dapat login kembali, operator madrasah harus mengecek secara cermat penyebab gagal login diatas sehingga dapat menemukan solusi yang tepat, diantaranya :
  1. Jika madrasah belum pernah melakukan registrasi akun SDM Kemdikbud maka terlebih dahulu, operator madrasah harus melakukan registrasi melalui laman web https://sdm.data.kemdikbud.go.id pada menu REGISTRASI ANGGOTA >> OPERATOR SEKOLAH dan mengisi Form Identitas dan mengunggah surat tugas dari Kepala Madrasah. Catatan : Pastikan Email yang diinputkan adalah email aktif, karena jika ada masalah lupa pasword maka akan diinformasikan melalui email yang terdaftar. Status aktifasi akun dapat dicek pada menu STATUS PENDAFTARAN.
  2. Untuk proses login, operator harus menginputkan username (email) dan pasword yang telah diinputkan pada saat registrasi sebelumnya. Jika lupa password, operator dapat melakukan reset pasword melalui laman web https://sdm.data.kemdikbud.go.id pada menu LUPA PASWORD. Informasi perubahan pasword akan dikirimkan ke alamat email terdaftar. Jika lupa email yang didaftarkan sebelumnya, maka operator madrasah menghubungi operator pada Kemenag Kabupaten/Kota setempat untuk dilakukan pengecekan data email terdaftar pada akun SDM Kemdikbud Kabupaten/Kota pada menu ANGGOTA >> REKAP MENURUT INSTANSI >> FILTER BERDASARKAN KECAMATAN.
  3. Untuk mengakses verval PD pastikan alamat URL aplikasi sudah sesuai. Untuk saat ini, verifikasi dan Validasi data siswa (Verval PD) dapat diakses melalui laman web https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id

 
Jumardi Nasir, S.Si

Kutipan bermakna : Aku bukanlah Aku, Aku adalah Meng-Aku, Aku adalah Aku saat Ajal Menjemputku

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama