FAQ ERKAM : Input Rencana Belanja sudah 100%, masih ada notifikasi selisih. Penyebab dan Solusinya !

Sobat Generasi46, saat ini madrasah disibukkan dengan tahapan pengajuan dokumen persyaratan pencairan dana BOS Madrasah tahap 1 tahun anggaran 2024. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah penyelesaian penginputan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) yang diinputkan melalui aplikasi eRKAM. Namun ketika madrasah sudah selesai menginputkan rencana belanja sesuai alokasi dana BOS yang ditetapkan (100%) namun ditemukan adanya pemberitahuan di aplikasi bahwa masih terdapat selisih. Dalam postingan kali ini kita akan bahas apa sih penyebabnya dan bagaimana solusi mengatasi hal tersebut.

Madrasah telah input rencana belanja 100 %, pada tampilan eRKAM, total pendapatan dan total belanja sudah sama nilainya dan sisa sudah tertera angka 0, tapi kok masih ada keterangan selisih ?, simak penyebab dan solusinya !

  • Selisih ini diakibatkan karena nilai yang diinputkan pada bagian Sumber Dana pada Rincian Belanja tidak sesuai/ tidak sama dengan total anggaran yang terinput. Contoh : Kertas 10 Rim @ 50.000 = 500.000, tapi pada bagian sumber dana dipilih APBN Tahap 1 hanya diinputkan sebesar 200.000 (Ini yang menjadi selisih)
  • Mengecek rincian belanja yang sudah diinputkan satu per satu pada setiap kegiatan dan sub  kegiatan. Pastikan Nilai pada Total Harga (Rupiah) sama dengan Nilai pada Sumber Dana !
  • Apabila sudah ditemukan adanya selisih dimaksud, lakukan proses edit rincian belanja tersebut, dengan cara :
  1. Lakukan penolakan/ pembatalan persetujuan di akun kamad pada rincian belanja yang ditemukan selisih
  2. Bendahara login untuk melakukan perbaikan data rincian belanja dimaksud. Catatan : Jika nilai pada sumber dana tidak bisa disesuaikan, ini diakibatkan anggarannya sudah digunakan di rincian belanja lainnya. Silahkan lakukan
    penyesuaian kembali (mengurangi) nilai rincian belanja lainnya .
  3. Jika sudah selesai proses edit, kepala madrasah melakukan persetujuan kembali terhadap rincian belanja dimaksud
  4. Cek kembali di rencana belanja, apakah masih terdapat pemberitahuan selisih. Jika masih maka kemungkinan masih terdapat selisih pada rincian belanja lainnya. Lakukan langkah 1 - 3 sebelumnya hingga tidak ada lagi notifikasi selisih di rencana belanja eRKAM

 


Posting Komentar

0 Komentar