Siswa MA terkendala daftar SNPMB, Jurusan dan Tanggal Masuk tidak terbaca, ini solusinya !

Saat ini pendaftaran Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) sedang dilaksanakan, namun ternyata masih ditemukan siswa yang terkendala dalam proses pendaftaran dimaksud. Tentunya hal ini akan menyulitkan siswa dan madrasah asalnya. Dalam postingan kali ini akan saya bahas solusinya. Yuk Disimak!


Masalah yang dihadapi ini disebabkan beberapa hal, diantaranya karena siswa dimaksud merupakan siswa yang sudah berstatus alumni (lulusan) ataukah karena belum lengkapnya data siswa pada aplikasi EMIS atau bahkan karena belum tersinkronnya data antara EMIS dengan SNPMB.

Langkah yang perlu dilakukan adalah :

  • Cek status siswa bersangkutan! Apabila siswa sudah merupakan lulusan (alumni) maka data siswa tidak otomatis terbaca dengan baik pada SNPMB. Siswa atau lembaga asal harus melakukan Verval Lulusan agar data siswa dimaksud terbaca dengan baik di SNPMB, dengan tahapan : 


  1. Kunjungi aplikasi verval lulusan pada link https://pd.data.kemdikbud.go.id/verval-lulusan/
  2. Lengkapi data yang diminta pada form yang tersedia lalu wajib mengupload file hasil scan Ijazah siswa jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK/MA/MAK
  3. Setelah selesai, klik Ajukan. Pengajuan ini akan terlebih dahulu di verifikasi oleh admin Pusdatin
  4. Siswa/ Lembaga dapat mengecek status pengajuan ini, apakah sudah diverifikasi atau belum pada menu status pengajuan.
  5. Jika sudah berhasil terverifikasi, siswa/lembaga dapat kembali mengecek akun SNPMBnya.
  • Apabila siswa masih merupakan siswa aktif di madrasah, periksa isian jurusan dan tanggal masuk siswa bersangkutan pada aplikasi EMIS, Jika :
  1. Data jurusan dan tanggal siswa masuk belum terisi dengan benar, silahkan dilakukan perbaikan data. Jika perbaikan data secara mandiri tidak bisa dilakukan, dapat menghubungi admin EMIS Provinsi masing-masing untuk dibantu melaporkannya ke admin EMIS Pusat untuk penyesuaian data.
  2. Jika data jurusan dan tanggal siswa masuk sudah terisi dengan benar di EMIS namun belum muncul di SNPMB maka ini kemungkinan disebabkan karena proses integrasi data yang masih terhambat antara EMIS dan SNPMB. Perlu diketahui bahwa penarikan data dari EMIS ke SNPMB dilakukan secara bertahap dan berkala. Maka yang bisa dilakukan adalah menunggu proses integrasi dimaksud dan selalu mengecek secara berkala di akun SNPMB.
Jumardi Nasir, S.Si

Kutipan bermakna : Aku bukanlah Aku, Aku adalah Meng-Aku, Aku adalah Aku saat Ajal Menjemputku

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama