FAQ EMIS : Mutasi Masuk Umum, tapi terbaca siswa alumni jenjang sebelumnya

 Pertanyaan : 

Terdapat siswa mutasi masuk dari sekolah umum, namun saat proses mutasi di aplikasi EMIS dengan memasukkan NISN siswa dimaksud, terbaca siswa tersebut masih berstatus alumni pada jenjang sebelumnya. Apa penyebabnya, dan bagaimana solusinya ? 

Jawaban :

  • Fitur pencarian NISN dimaksud bertujuan untuk menemukan apakah siswa dengan NISN ini pernah terinputkan datanya di EMIS atau tidak.
  • Pada kasus ini, ditemukan bahwa siswa ini pernah terinputkan datanya di EMIS pada jenjang sebelumnya. Namun setelah melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, data siswa ini tidak diinputkan lebih lanjut di aplikasi DAPODIK, sehingga pada system tidak terbaca datanya di sekolah asal akan tetapi di sekolah jenjang sebelumnya.
  • Proses mutasi siswa dimaksud tetap dapat dilakukan melalui menu mutasi masuk umum ini.
  • Solusinya adalah madrasah harus menginputkan data siswa dimaksud dari awal dengan mengklik terlebih dahulu data siswa dimaksud lalu mengklik tombol LENGKAPI FORMULIR pada bagian kanan bawah form mutasi.


 

  • Madrasah wajib mengisi data yang dibutuhkan antara lain tanggal masuk, tingkat kelas, asal dan alamat sekolah, dan data peserta didik, serta data orang tua/wali pada form yang tersedia lalu klik  SIMPAN. Data yang pernah terinputkan sebelumnya di EMIS jenjang sebelumnya akan terisi secara otomatis di form tersebut, tinggal melengkapi yang masih kosong atau memperbaharui data yang perlu diperbaiki sesuai kondisi terbaru saat ini.

 



 


Jumardi Nasir, S.Si

Kutipan bermakna : Aku bukanlah Aku, Aku adalah Meng-Aku, Aku adalah Aku saat Ajal Menjemputku

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama